Senin, 22 Mei 2017

PERLAKUAN PENTING TERHADAP BAKAT ANAK

Mempunyai anak yang mengalami perkembangan dan pertumbuhan yang pesat terutama pada otaknya sangat menyenangkan. Ia mampu belajar sendiri banyak hal dari sekitarnya. Tetapi sebagai orang tua pelakuan terhadap anak penting supaya bakat yang ia miliki dapat berkembang baik. Dalam masa perkembangannya memang sangat perlu dampingan dari orang tuannya. Dari mulai asupan makannya dan perlu juga nih vitamin penambah nafsu makan anak. Beberapa perlakuan yang dapat berpengaruh terhadap bakat anak :

1. Sempatkan diri untuk mendengarkan dan menjawab pertanyaannya


Anak berbakat sering sekali mengajukan banyak pertanyaan dan selalu terus menerus bahkan berkembang. Pertanyaan itu seringkali membutuhkan pemikiran yang lama untuk dapat menjawabnya. Cara yang efektif menghadapi anak yang banyak pertanyaan adalah dengan memberikan jawaban selengkap mungin dan secara jujur. Jika kita tidak bisa menjawab saat itu juga katakan kepada anak bahwa kita belum bisa menjawab, jawaban terlalu sulit untuk dijelaskan, atau dengan berkata akan ditanyakan kepada orang yang lebih tahu dan mahir dalam bidangnya.

2. Berikan kesempatan rasa ingin tahu anak dengan menjajaki macam-macam bidang

Hindari sikap yang memaksakan minat kita kepada anak. Dengan menjajaki bidang lain anak akan bisa berpandangan luas terhadap bidang lain. Artinya, anak tidak hanya mahir dengan satu bidang saja setidaknya anak mengetahui bidang lain. Setelah anak menemukan satu bidang yang sangat ia minati, janganlah menghambat dia untuk mengembangkan minatnya itu.


3. Berilah anak waktu untuk bermain dengan imajinasi

Berimajinasi memiliki peran penting agar ia dapat mempelajari berbagai hal dengan mudah dan juga meningkatkan kemampuannya untuk menyelesaikan masalah. Karena imajinasi juga hal penting untuk mengembangkan pengetahuan yang sudah dimilikinya, tanpa imajinasi ia tidak bisa mengembangkan pengetahuannya. Proses berkembangnya juga dipengaruhi dari pola makan yang anak makan dari mulai protein, karbohidrat, dan vitamin penambah nafsu makan anak. 


4. Berikan menghargai dan memuji usaha baik dari anak

Memang tak sulit, tetapi tak jarang orangtua yang lupa melakukannya. Secara tidak langsung memuji anak akan memberikan dorongan, dukungan. Anak juga merasa bahwa ia perhatikan orang tuanya. Hal itu juga perlu dilakukan ketika anak mengalami kesalahan dan kegagalan. Mereka akan merasa mendapat dorongan untuk bangkit lagi setelah mengalami kegagalan. Itu agar anak mau melakukan 
hal-hal dan tugas yang sulit.


5. Sediakan fasilitas atau sarana untuk mengembangkan bakat anak.

Media ini juga penting sebagai alat penyalur dalam mengekspresikan bakat yang dimilikinya. Jika fasilitas yang diberikan tidak memadahi akan menyulitkan anak dalam mengembangkan bakatnya.

Tetapi dalam prosesnya mungkin ada akan kesulitan dalam proses. Fokus pada anak termasuk  kesehatan anak juga sangat diperhatikan lho dalam proses ini, pastikan iya lahap makannya jika kesulitan mungkin bisa dibantu dengan vitamin penambah nafsu makan anak. Agar anak tetap sehat dan mau melakukan berbagai aktivitas. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar